POTENSI TERUMBU KARANG DESA BUKTI

Administrator 20 Juli 2022 09:37:32 WITA

Terumbu karang merupakan bangunan raksasa yang terbentuk dari bebatuan kapur yang diendapkan organisme kecil bernama hewan karang.

Jika ribuan hewan karang membentuk koloni,maka akan membentuk endapan kapur yang lama kelamaan membentuk terumbu karang. proses pembentukan terumbu karang berlangsung ribuan bahkan jutaan tahun lamanya.

Dilansir dari laman kkp.go.id,terumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga yang di sebut zooxanthellae. kelas anthozoa yang memiliki tentakel.

Koloni karang dibentuk oleh ribuan hewan kecil yang disebut Polip. Dalam bentuk sederhananya,karang terdiri dari satu polip saja yang mempunyai bentuk tubuh tabung dengan mulit yang terletak di bagian atas dan di kelilingi oleh tentakel. namun pada kebanyakan spesies,satu individup polip karang akan berkembang menjadi banyak individu yang di sebut koloni. Hewan ini memiliki bentuk unik dan warna beraneka rupa serta dapat menghasilkan CACO3. Terumbu karang merupakan habitat bagi berbagai spesies tumbuhan laut,hewan laut dan mikroorganisasi laut lainnya yang belum diketahui.

Habitat terumbu karang pada umumnya hidup di pinggir pantai atau daerah yang masih terkena cahaya matahari kurang lebi 50 m di bawah permukaan laut. Beberapa tipe terumbu karang dapat hidup jauh di dalam laut dan tidak memerlukan cahaya,namun terumbu karang tersebut tidak bersimbiosis dengan zooxanhellae dan tidak membentuk karang.

Desa Bukti adalah wilayah yang terletak di Kecamatan Kubutambahan,Kabupaten Buleleng. Dimana Desa Bukti terdiri dari 3 Dusun yaitu Ds Bukti,Dusun Bukti,Dusun Mekar sari.sebagian besar pekerjaan masyarakat Desa adalah Petani dan Nelayan. Desa Bukti merupakan daerah pariwisata. adanya kawasan wisata di Desa Bukti sangat berdampak untuk masyarakat diantaranya seperti, Peningkatan pendapatan,peningkatan kesempatan kerja dan peluang usaha. seiring dengan bertambahnya kegiatan wisata yang ada di Desa Bukti banyakWisatawan Domestik dan Mancanegara yang berkunjung untuk menikmati keindahan alam wisata laut Desa Bukti. Selain keindahan lautnya,Pantai Desa Bukti merupakan jalur lintas Lumba-Lumba yang berasal dari pantai barat,Hal tersebut juga merupakan potensi alam Desa Bukti yang perlu kita promosikankepada wisatawan.

Dengan mengenalkan wisata Bahari terubukarang Desa Bukti yang di kelola oleh POKMASWAS dan KELOMPOK NELAYAN desa Bukti, diharapkan dapat mendukung perekonomian warga dan mendukung obyek wisata lainnya di Desa Bukti.

I WISATA BAHARI yang cocok dan di miliki oleh Desa Bukti adalah :

  1. Tangkad puncak 7 ( pitu)
  2. Wisata Dolpin
  3. Konservasi (penanaman terumbu karang)
  4. Pembersihan di bawah / UNDER WATER CLEAN UP
  5. Pembuatan destinasi wisata DIVE and SNORKLING
  6. Pengawasan ilegal FISHING
  7. Pebersihanwilayah pesisir
  8. Mengadakan lomba memancing

II PEMBAHASAN

1.Gambaran umum wisata bahari terubu karang Desa Bukti

 -Pantai Desa Bukti berada di antara wilayah pantai Kubutambahan dan pantai Ponjok Batu. dimana potensi dari pantai desa bukti adalah wisata bawah lautnya.

selain ituadapun beberapa potensi wisata lain di antaranya :

-Kolam Renang air sanih, Potensi Budayanya yaitu Pura Bukit Dulang. Dimana pura Bukit Dulang merupakan potensi wisata non pisik yang termasuk dari sosial budaya (tempat yang memiliki nilai sejarah) selain itu potensi Desa Bukti juga sebagian besar dari hasil pertanian/perkebunan contohnya ,Kacang tanah,jukut Undis ,Olahan singkong,pembuatan tuak manis,pembuatan minyak tandusan dan yang paling khas yaitu Jajan Dodol yang di buat oleh sebagian besar masyarakat Desa Bukti

2. Kegiatan Atraksi Wisata Bahari

  • Pantai Desa Bukti mempunyai kedalaman yang sedang jadi kelompok wisata yang ada di Desa Bukti menjaga wisata alam lautnya dengan cara melaksanakan penanaman terumbu karang.
  • Setiap pagi warga/nelayan beramai-ramai memancing.
  • Pendidikan Desa Bukti tiap minggu mengadakan les Bahasa Inggris dan Bahasa Bali untuk Anak-Anak. Dimana kegiatan ini bersangkutan untuk memberikan edukasi terkait pengenalan alam dan pengurangan sampah plastik. Peserta Les diwajibkan untuk membawa botol aqua bekas sebagai alat pembayaran iuran les.
  • Kegiatan vertikal lomba memancing tiap tahunnya.
  • Atraksi Lumba-Lumba                                                                                                                                                                                                                                                                             

3. TUJUAN

Tujuan pembangunan Wisata Bahari Terumbu Karang Desa Bukti adalah :

-Memperkenalkan alam bawah laut

-Melindungi terumbu karang di daerah pantai Desa Bukti

-Melindungi habitat hewan laut

-Melestarikan alam bawah laut

-Menjaga daerah pesisi pantai

-Meningkatkan dan memperkenalkan wisata Desa Bukti

-Menjalin kerjasama antara warga Adat,Pemerintah Desa dan kelompok-kelompok Nelayan di Desa Bukti

4. Dukungan Masyarakat

Guna meningkatkan wisata di Desa Bukti untuk dukungan masyarakat sangat dibutuhkan agar Desa Bukti bisa Menjadi Desa Pariwisata yang dimana tujuannya adalah untuk meningkatkan roda perekonomian di Masyarakat Desa Bukti.

Komentar atas POTENSI TERUMBU KARANG DESA BUKTI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bukti

tampilkan dalam peta lebih besar