REJANG RENTENG IBU-IBU PKK DESA BUKTI

Administrator 10 Agustus 2022 10:18:16 WITA

TARI REJANG RENTENG

Tari Rejang Renteng Adalah tarian kesenian Rakyat Bali yang di tampilkan secara khusu oleh Perempuan dan untuk perempun. Tari Rejang Renteng ini adalah salah satu jenis Tari Rejang yang di tarikan berkelompok. Para penari bergerak beriringan secara seragam. Para penari di ikat kedalam suatu untaian atau rangkaian yang disebut ''RENTENG'' dengan selitas benang yang pada umumnya berwarna kuning.

MAKNA TARIAN

Memberikan makna kepada semua orang yang ada di bumi ini untuk melepaskan ego pribadi. Setiap orang harus mencapai bagian terbaik dan harus menyamakan ritme dengan orang lain di lingkungannya tanpa ada rasa iri dengki,anpa saling mendahului (Persaingan), sehingga menjadi pribadi penuh kasih dan siap saling membantu menuju jalan yang diberkati tuhan.

Gerakan tarian yang ada di dalam Renteng tersebut ada pada PENGAWAK saja dan itupun gerakannya di lakukan berulanh-ulang membentuk pola lantai lurus ke belakang dengan jumlah ganjil. berputar membentuk lingkaran dengan gerakan dengan gerakan yang sederhana yang diulang-ulang sampai terakhir menuju ke luar pura.

Dua fungsi utama Tari Rejang Renteng yaitu Wali dan Bebali. Fungsi Wali yakni menjadi tarian sakral yang digelar untuk piodalan di Pura Dalem Ped, tepatnya pada upacara keagamaan (Dewa Yadnya) yang berkaitan erat dengan hubungan manusia dan sang pencipta.

Sedangkan fungsi Bebali ialah tarian ini digunakan untuk upacara Manusa Yadnya (persembahan yang suci, tulus dan ikhlas untuk pemeliharaan, pendidikan dan pensucian secara spiritual). Dimana seseorang tersebut berkewajiban untuk menyesuaikan dan membawa diri di manapun ia berpijak untuk melaksanakan ngayah di berbagai kegiatan adat. Misalnya: pekan budaya, pentas budaya, dan festival desa.

Tak hanya itu, masyarakat setempat percaya bahwa dengan menggelar tarian rejang renteng dapat mendatangkan keselamatan, kesembuhan, dan ketentraman berkat turunnya Dewa Dewi Hindu. Tarian ini juga dipercaya dapat menghilangkan, mengusir maupun mengendalikan energi negatif yang kerap mengusik kehidupan di alam beserta isinya.

Adapun hal yang mengenai kostum dan model rambut yang penari Rejang Renteng di antaranya :

  • Sasakan polos           
  • Sanggul (pusung tebel)
  • Bunga jepun
  • Subeng
  • Baju putih
  • Selendang Kuning polos.

 

Komentar atas REJANG RENTENG IBU-IBU PKK DESA BUKTI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bukti

tampilkan dalam peta lebih besar